Diposting oleh syarifudin Kamis, 26 Maret 2009


Blogger memiliki 3 (tiga) fasilitas utama yang dapat anda gunakan untuk mengedit ataupun mempercantik blog anda, dari ketiga tersebut di antaranya Posting, Settings dan Layout yang akan di jelaskan satu persatu sebagai berikut:
1. POSTING
Arti Posting dalam bahasa blog berarti tulisan atau isi dari blog yang di publikasikan, sebuah blog terdiri dari berbagai macam post, post ini dapat berupa tulisan, gambar, video, artikel, foto, dan sebagainya. Setiap post yang telah anda publikasikan di sebut posting.
Dalam posting ini terdiri dari tiga bagian yaitu Create, Edit Posts, dan Moderate Comments. Setiap sub pada pasilitas posting memiliki fungsi masing-masing di antaranya sebagai berikut:
Create
Fasilitas ini berfungsi untuk membuat posting baru pada blog.
Edit post
Fasilitas ini berfungsi untuk memperbaiki posting yang telah ada.
Moderate comment
Berfungsi untuk menyortir komentar yang masuk kedalam blog anda, untuk menggunakan fasilitas ini, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan opsi comment moderation dalam fasilitas settings.

2. SETTINGS
Fasilitas settings ini di gunakan secara khusus untuk pengaturan yang berkaitan dengan blog mencakup pengaturan dasar, publikasi, komentar, arsip, email, dan perizinan. Fasilitas settings ini terdapat 8 sub yaitu basic, publishing, formatting, comments, archiving, site feed, email, opened, dan permissions. Masing-masing sub tersebut memiliki penjelasan, namun di kesempatan ini belum dapat kami beberkan.

3. LAYOUT
Fasilitas layout ini merupakan tampilan blog yang mencakup template yang di dalamnya meliputi warna dan jenis font, header, dan sidebar. Selain berfungsi untuk mengatur warna, jenis dan ukuran font, fasilitas ini juga memungkinkan anda untuk memberikan elemen-elemen tambahan pada tampilan blog anda.
Pada fasilitas layout memiliki 4 sub fasilitas yaitu Page Elements, Fonts and Colors, Edit HTML, dan Pick New Template. Berikut penjelasannya.
Page Elements
Fasilitas ini berfungsi untuk mngedit elemen-elemen halaman pada blog anda yang terdiri atas Navbar, Header, Blogpost, Blog Archive,dan About Me atau Profile.
Fonts and Colors
Fasilitas ini di gunakan untuk mengubah ukuran, warna dan jenis font yang di tampilkan dalam blog. Meskipun jenis, ukuran dan warna fonts telah di atur oleh template yang kita gunakan namun blogger menyediakan fasilitas ini untuk mengaturnya sesuai keinginan kita.
Edit HTML
Fungsi fasilitas ini di gunakan untuk mengubah template yang kita gunakan, jika kita mengerti dengan kode HTML kita dapat mengubahnya secara langsung, namun jika kita tidak mengerti kita dapat mendownload pada fasilitas yang menyediakan template gratis, Karena jika kita mengubah kode HTML tanpa sepengetahuan kita, blog kita dapat rusak atau tidak dapat di tampilkan.
Pick New Template
Jika anda ingin mengganti template, anda bisa memanfaatkan subfasilitas ini. Perubahan template di perlukan agar pengunjung blog anda tidak jenuh dan bosan. Anda dapat memilih salah satu template dari sub ini.

0 komentar

Posting Komentar

kontes blog 1 tahun hakimtea.com